Senin, 30 Oktober 2017

Tempat Semburan Lumpur Panas Di Tasikmalaya

Tim dari Badan Geologi melakukan pengecekan di lokasi semburan lumpur panas di Tasikmalaya.

Selain mengecek kondisi di lapangan, tim juga akan membawa sampel air dari lokasi untuk diuji di laboratorium.


Tim yang terdiri dari tiga orang tersebut sudah mendatangii lokasi semburan lumpur di Kampung Sindangrasa, Desa Cigunung, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (26/10).

Proses pengujian sendiri membutuhkan waktu. Dalam waktu 3 hari, sambung dia, hasil pengujian sudah dapat diketahui. "Kita analisis genesa airnya disebandingkan dengan kondisi geologi seperti jenis batuan dan pola sesar yang ada di sekitar lokasi itu," paparnya.

Video Tempat Semburan Lumpur Panas Di Tasikmalaya



Semburan lumpur panas terjadi di Kampung Sindangrasa, Desa Cigunung, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya pada Senin (23/10) pukul 12.00 WIB.

Semburan lumpur yang terjadi saat dilakukan pengeboran air bersih oleh Lembaga ZIS-UAP dari Bandung itu mencapai ketinggian 10 meter. x Semburan lumpur terjadi di Tasikmalaya Jawa Barat, tepatnya RT.03 RW.01 Kampung Sindangrasa, Desa Cigunung, Kecamatan Parungponteng Kab. Tasikmalaya.

Semburan lumpur sendiri berawal dari pengeboran yang dilakukan warga untuk menggali sumur air.

Warga akhirnya melaporkan atas kejadian tersebut kepada pihak yang berwajib.

Menurut Kepala Pelaksana Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya (EZ Alfian) mengatakan “semburan ini sudah berlangsung beberapa hari, dan tinggi semburan mencapai 6 M lebih namun keesokan harinya sempat surut dan timbul lagi pada hari Selasa (24/10) dengan ketinggian 1-2 meter.

Demi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan pihak kepolisian memasang police line disekitar semburan lumpur, dan BPBD pun dengan cepat akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan pengujian sampel air, lumpur dan udara.

Masyarakat pun berharap pemerintah dengan cepat melakukan antisipasi sehingga ketakutan warga akan bencana semburan lumpur tidak berakibat fatal, malah sebagian warga ketakutan kejadian ini jangan sampai kaya di Sidoarjo.

Selain semburan dibekas pengeboran sumur air warga juga mengatakan timbul letupan atau gelembung di kolam sekitar dan sempat mengeluarkan bau seperti gas/belerang “menurut warga saat diwawancara sebuah televisi nasional” Kamis, Pengujian Air Lumpur Panas Di Tasikmalaya "Kita datang sambil membawa alat sampling kimia air," ujar Kabid air tanah Badan Geologi Wahyudin ditemui di lokasi.

Air tersebut nantinya akan diuji di laboratorium Badan Geologi. "Kita akan melakukan uji isotop alamiah air. Kita akan ukur dengan alat yang ada di lab kami," lanjutnya. x x

0 komentar

Posting Komentar